Home » , » Fungsi dan Peranan Ovarium

Fungsi dan Peranan Ovarium

Fungsi dan peranan ovarium pada alat reproduksi wanita sangatlah penting bagi kelangsungan penerusnya nanti atau keturunan. Kita harus mengenal lebih dalam tentang bagaiman reproduksi wanita ini atau ovarium. perlu diketahui bahwa penyakit kista ovarium bisa menimpa kaum wanita baik yang masih belia remaja bahkan yang dalam masa menopause, karena itu penting bagi wanita untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan organ ovarium ini agar selalu terhindar dari penyakit yang membahayakan.

fongsi dan peranan kista pada wanita

Fungsi dan Peranan Ovarium dalam System Reproduksi Wanita 

Ovarium merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita vertebrata. pada lelaki ada homolog dari testis yang merupakan konstituen dari sistem reproduksi. Ovarium merupakan sepasang ovum yang memproduksi kelenjar oval dan ukuran sebuah almond. ukuran ovarium adalah sekitar 4 cm kali 3 cm kali 2 cm. Mereka yang datang tepat di atas saluran telur di dinding lateral pelvis. wilayah dimana ovarium yang hadir disebut fossa ovarium.
Fungsi dan peranan Ovarium - Ovarium tidak menempel pada saluran telur tetapi mereka melekat pada lapisan luar rahim dengan bantuan ligamen ovarium. fungsi ovarium dengan melepaskan telur, tetapi salah satu dari sel telur rusak atau berhenti berfungi dan yang lainnya terus menghasilkan sel telur.

Fungsi dan Peranan Ovarium - Sistem reproduksi wanita dirancang untuk memfasilitasi pertumbuhan perkembangan anak sebelum kelahiran. setiap komponen individual dari sistem ini bertanggung jawab untuk satu set tertentu fungsi yang terkait dengan melahirkan anak. salah satu bagian penting dari sistem reproduksi wanita adalah ovarium.

Fungsi dan Peranan Ovarium - Meskipun ovarium cukup kecil mereka sangat penting dalam sistem reproduksi secara keseluruhan dari tubuh wanita. Banyak fungsi dan peranan yang baik secara langsung dikendalikan atau tidak langsung dipengaruhi oleh indung telur. Mari kita bahas beberapa Fungsi dan Peranan Ovarium.

Fungsi dan Peranan Ovarium sebagai Oogenesis merupakan proses dimana tubuh wanita memproduksi telur. proses ini terjadi sebelum kelahiran dan setiap anak perempuan dilahirkan dengan semua telur yang dia perlukan untuk hidupnya. Oogenesis merupakan bentuk meiosis, atau reproduksi sel seks. Setiap telur akan memiliki 23 kromosom, dan ketika telur dan sperma bersatu jumlah kromosom penuh akan dupulihkan.

Fungsi dan Peranan Ovarium sebagai Ovulasi supya telurbersatu dengan sperma, terlebih dahulu harus dilepaskan dari ovarium. Ovarium melepaskan seltelur ke dalam saluran rahim selama ovulasi. Proses ini sebagian besar dikontrol oleh dua hormon yang dikenal sebagai folikel stimulating hormone atau FSH, dan juga hormon luteinizing atau LH. selama siklus menstruasi. ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke 14 dari jangka 28 hari, pada saat ini FSH dan juga LH akan meningkat dan ini akan merangsang pelepasan telur.

Fungsi dan Peranan Ovarium sebagai Produksi hormon ovarium bertanggung jawab untuk produksi beberapa hormon seks. ini termasuk progesteron, testosteron dan estrogen. Progresteron dan estrogen adalah hormon yang bekerja sama untuk mempertahankan pertumbuhan rahim untuk mempersiapkan kehamilan yang sangat potensial. Hormon - hormon dilepaskan dalam jumlah yang sangat besar setelah ovulasi dalam kasus telur bersatu dengan sperma. Testosteron pada wanita yang ikut bertanggung jawab atas dorongan seks atau keinginan generatif.



Fungsi Ovarium dan Peranan Sebelum Menopause

Fungsi dan Peranan Ovarium pada Masa Sebelum Menopause - Ovarium merupakan organ yang mengandung dan memelihara ovum sepanjang hidup mereka. fungsi mereka melibatkan memproduksi satu telur perbulan. setiap bulan selama ovulasi. Ovarium kanan atau kiri menghasilkan telur yang matang tunggal yang siap untuk pembuahan oleh sperma laki laki. Hanya ada satu telur yang matang setiap bulan . Tepai selama ovulasi ada sekitar 10 sampai 20 foliel yang mengalami proses pematangan. Folikel ekstra diserap sebelum proses ovulasi terjadi. setelah telur dilepaskan oleh ovarium dalam perjalananan beberapa hari melalui saluran telur untuk mencapai rahim. Tabung telur membantu dalam gerakan telur dengan melakukan gerakan gerakan seperti gelombang. lapisan telur dilapisi dengan silia internal. Mereka membantu dalam mendorong sperma menuju sel telur dalam kasus hubungan seksual tanpa pelinding. Sel telur dibuahi di dalam tuba fallopi dekat ovarium. Setelah 5 sampai 6 hari, telur dibuahi mencapai uterus. Ada yang lebih dari satu fungsi dan peranan  ovarium yang melibatkan regulasi hormonal. Mari kita lihat bagaimana fungsi dan peranan hormon yang berhubungan dengan dengan inu. Estrogen dan progesteron adalah dua hormon yang disekresi oleh ovarium. Estrogen adalah hormon yang membantu pemeran karakteristik seksual sekunder perempuan selama masa pubertas. hal ini juga bertanggung jawab untuk pematangan serta pemeliharaan organ reproduksi. setelah mereka mencapai peran dewa fungsional mereka. Progesteron juga bekerja dengan estrogen dalam melaksanakan perubahan siklus endrometrium. ini menunjukan bahwa mempersiapkan endometrium untuk kehamilan dan juga mempertahankan kesehatan endometrium selama masa kehamilan. Ketika ada penurunan tingkat estrogen dalam, hipotalamus menerima sinyal untuk rahasia gonadotropin-releasing hormone. hormon ini kemudian memberi sinyal kelenjar hipofisis untuk meningkatkan sekresi hormon folikel ovariu dengan demikian membuat estrogen yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan lapisan rahim selama fase awal dari siklus menstruasi wanita. Hal ini juga bertanggung jawab untuk reguasi proses  metabolisme lain dalam tubuh wanita.

Fungsi dan Peranan Ovarium Setelah Menopause

Fungsi dan Peranan Ovarium setelah menopause menurun jumlahnya sangat signifikan mereka tidak lagi memproduksi estrogen yang memiliki dampak besar pada kesehatan wanita. Penurunan kadar estrogen dalam tubuh meningkatkan resiko osteoporosis, penyakit jantung, dan juga memiliki efek negatif pada kulitdan juga rambut pada seorang wanita. tetapi kurangnya estrogen dikompensasi oleh hormon testosteron pria yang diproduksi di tubuhnya. Testosteron ini diubah menjadi estrogen dengan bantuan sebuah proses yang disebut aromatisasi. dengan demikian perubahan menopause ada banyak perubahan positif yang dibawa oleh proses ini androgenesis  atau produksi testosteron. Hal ini bisa menyebabkan perubahan suasana hati, tingkat aktifitas fisik, peningkatan libido,kepadatan tulang dan yang lainnya.

Jadi pada intinya Fungsi dan peranan ovarium pada wanita merupakan organ reproduksi kecil dari sistem reproduksi wanita. mereka bertanggnga jawab untuk produksi telur, ovulasi dan produksi hormon, sementara ovarium sangat penting untuk reproduksi wanita.

0 comments:

Post a Comment

Pemesanan Obat Kista